TANAMAN PADI

GENOTIF DAN FENOTIF TANAMAN PADI

Kromosom Tanaman Padi

Seperti kita ketahui bahwa bagian terkecil dari makhluk hidup adalah sel. Di dalam sel terdapat inti sel. Di dalam inti sel terdapat apa yang disebut kromosom. Kromosom inilah yang menentukan sifat atau karakteristik suatu mahkluk hidup.

Setiap makhluk hidup mempunyai jumlah kromosom berbeda-beda, walau ada beberapa yang sama. Untuk tanaman padi terdiri atas 24 kromosom. Umumnya kromosom ini berpasangan. Itu artinya tanaman padi terdiri atas 12 kromosom jantan dan 12 kromosom betina.

Sifat Genotif dan Sifat Fenotif Tanaman Padi

Pada tulisan sebelumnya, di bagian akhir tulisan lidah daun padi, saya menulis bahwa lidah daun merupakan sifat genotif tanaman padi.

Pertanyaannya adalah apakah sifat Genotif tsb?

Secara umum, sifat tanaman padi dibedakan menjadi 2 bagian

1. Sifat Genotif adalah sifat yang ada pada tanaman padi yang tidak bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Contohnya adalah bentuk bulir padi, bisa bulat, panjang ramping, dll.

Bila kita tanam tanaman padi sintanur yang berbentuk bulat, maka kita tanam di dataran tinggi atau rendah maka bentuk gabahnya akan tetap bulat.

Bila kita tanaman di sawahnya subur atau tidak, bentuknya akan sama. Demikian pula bila kita tanam di daerah semi rawa/sawah irigasi/tadah hujan maka bentuknya akan tetap sama.

Itu artinya, bentuk gabah bersifat genotif

2. Sifat Fenotif adalah sifat yang ada pada tanaman padi yang bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Contonya adalah panjang malai

Bila kita tanam tanaman padi ciherang, maka bila kita tanam di dataran tinggi atau rendah bentuk panjang malainya akan bisa berbeda. Bisa pendek, sedang atau agak panjang.

Bila kita tanaman di sawah yang subur dan tidak subur, maka panjang malainya akan berbeda. Di tanah yang subur, biasanya malainya akan lebih panjang. Demikian pula bila, kita tanam di daerah semi rawa/sawah irigasi/tadah hujan maka akan ada perbedaan panjang malai.

Itu artinya, panjang malai tanaman padi bersifat fenotif.

Sekarang kita ambil karakteristik tanaman padi Inpari 10

PADI INPARI 10
Asal persilangan : S487b-75/2*IR19661//2*IR64
Kelompok : ————————————–
Nomor Seleksi : S3382-2d-Pn-4-1
Golongan : Cere
Umur tanaman : 108-116 hari
Bentuk tanaman : Tegak
Tinggi tanaman : 100-120 cm
Anakan produktif: 17-25 batang
Warna kaki : Hijau
Warna batang : Hijau
Warna telinga daun : Putih
Warna lidah daun : Putih
Warna daun : Hijau
Permukaan daun : Kasar
Posisi daun : Tegak
Daun bendera : Tegak
Bentuk gabah : Ramping panjang
Warna gabah : Kuning bersih
Kerontokan : Sedang
Kerebahan :
Tekstur nasi : Pulen
Kadar amilosa : 22%
Bobot 1000 butir : 27,7± 0,76 g
Rata-rata produksi : 5,08 t/ha GKG
Potensi hasil : 7,00 t/ha GKG

Dari karakter padi inpari 10 di atas, mana yang bersifat genotif dan mana yang bersifat fenotif.

Menurut saya seperti ini :

Bersifat genotif : warna kaki, warna telinga daun, warna lidah daun, permukaan daun, posisi daun bendera, bentuk gabah, kerontokan gabah, tekstur nasi.

Bersifat fenotif : umur tanaman, bentuk tanaman, tinggi tanaman, anakkan produktif, warna daun, posisi daun, warna gabah, kerebahan, kadar amilosa, bobot 1000 butir, produksi, dll.

Nb: kalau ada yang salah mohon dikoreksi

Dengan demikian, bila kita ingin mengetahui varietas tanaman padi yang diutamakan adalah melihat/menilai sifat-sifat genotif terlebih baru kemudian dibantu dengan sifat-sifat fenotifnya.

Kasus di lapangan

Sekarang ini, sudah banyak sekali “nama lain” dari varietas ciherang. Ada ciherang bandung, ciherang brunai, ciherang dempo, ciherang super, ciherang jumbo, ciherang putih, dll.

Dengan melihat sifat genotifnya yaitu posisi daun bendera yang agak miring (30-45 derajat) dari malai maka kita saksikan di lapangan “nama lain” dari varietas ciherang tsb ada yang posisi daun bendera tegak. Dengan demikian, kita bisa menilai apakah padi ini varietas ciherang apa bukan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: