KEDELAI PRODUKSI BATAN

KEDELAI PRODUKSI BATAN

Varietas MURIA, TENGGER DAN MERATUS

Pihak BATAN dengan teknologi radiasinya, melepas pertama kali varietas kedelai dengan nama varietas MURIA dan varietas TENGGER. KE-2 Varietas ini dilepas tahun 1987. Kemudian pada tahun 1998, pihak BATAN kembali melepas kedelai dengan nama varietas MERATUS. http://www.batan.go.id/kip/documents/Kedelai.PDF

Ke-3 varietas kedelai ini memiliki hasil panen yang tidak berbeda jauh dengan varietas unggul silangan biasa.

Varietas RAJABASA

Tahun 2004, pihak BATAN kembali melepas varietas kedelai unggul. Nama yang dipilih adalah Varietas Rajabasa. Potensi varietas kedelai Rajabasa ini, boleh disebut luar biasa, potensi hasil bisa mencapai 3,9 ton/ha. Akan tetapi di tingkat petani, produktivitasnya hanya mencapai 2.05 ton/ha.

Varietas kedelai rajabasa memiliki bobot per 100 biji mencapai 15 gram. Bobot 100 biji ini bisa mendekati kedelai import yang mencapai 18 gram/100 biji.

Varietas MITANI

Tahun 2008, pihak BATAN kembali lagi melepas varietas MITANI. Kedelai ini memiliki angka produktivitas mencapai 2 ton hingga 3,2 ton per hektar.

Varietas MUTIARA 1

Di tahun 2010, dalam dunia kedelai, pihak BATAN membuat “sensasi” monumental. Pihak BATAN melepas kedelai super besar.

Mengapa disebut super besar?

Sebab ukuran bobot per 100 biji kedelai ini bisa mencapai 23,2 gram. Bandingkan dengan kedelai impor yang “cuma” 18 gram per 100 butir.

Varietas GAMASUGEN 1 dan GAMASUGEN 2

Di tahun 2013, pihak BATAN kembali lagi membuat sensasi di dunia kedelai. Di tahun ini muncul varietas kedelai super genjah. Ke-2 varietas ini dapat dipanen dalam umur 66-68 setelah tanam.

Varietas MUTIARA 2 dan MUTIARA 3

Di tahun 2014 ini, pihak BATAN akan kembali melepas varietas kedelai. Cuma kali ini, yang akan dilepas adalah kedelai hitam. Detam-1 dengan sentuhan pihak BATAN dengan radiasnya akan menghasilkan kedelai MUTIARA 2 dan MUTIARA 3.http://www.antaranews.com/berita/441094/batan-kedelai-mutiara-2-cocok-untuk-petani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: