BUNGA BUNGA TANAMAN

Setelah mengikuti pelatihan persilangan padi pas KOPDAR tempo hari, ternyata untuk menjadi seorang pemulia: tidak mudah. Ada banyak dasar ilmu yang harus dipelajari dan juga harus dimengerti.

Salah satunya adalah kita harus mengetahui “model-model bunga” atau “pola-pola bunga” pada tanaman-tanaman yang akan kita kawin silangkan.

Coba perhatikan bunga jagung ini

jagung jantan

jagung betina

Coba perhatikan bunga mentimun ini

bunga betina

bunga jantan

Coba kita perhatikan bunga padi ini

bunga padi

Coba kita perhatikan bunga cabe ini

DCIM100SPORT

Dari gambar-gambar di atas, apa yang bisa kita berikan penjelasan tentangnya ?

Tanaman jagung

Untuk tanaman jagung ini, memang agak unik, sebab bisa jadi, sebagian besar dari kita akan mengatakan bahwa bunga jagung berada di bagian atas tanaman.

Padahal, bunga yang ada di bagian atas tsb adalah bunga jantan. Dari sanalah jutaan benang sari akan pecah untuk melakukan penyerbukan.

Lalu, di mana bunga betinanya?

Anda tahu tongkol jagung? pasti dong.
Nah itulah bunga betina pada tanaman jagung.
Rambut-rambut yang keluar dari tongkol jagung itulah, bisa kita sebut putik. Sebab di rambut-rambut inilah akan terjadi penyerbukan. Dari penyerbukan inilah yang akan menghasilkan biji/buah jagung.

Umumnya, putik dalam bunga hanya satu. Akan tetapi bagi tanaman tertentu seperti jagung berbeda. Di putik-putik yang berupa rambut-rambut itulah yang akan mengalami penyerbukan. Dan hasilnya akan menjadi biji-biji jagung. Dari 1 rambut jagung akan menghasilkan 1 biji jagung.

Bila dalam 1 tongkol jagung berisi ribuan biji jagung maka jumlah putik (bunga betina) juga sebanyak itu. Bahkan bisa lebih banyak lagi.

Oleh sebab itu, karena tanaman jagung memiliki bunga jantan (benang sari) dan bunga betina (putik) di tempat yang berbeda maka tanaman jagung bisa disebut tanaman berumah dua. – Enaknya ya, ada tanaman yang punya dua rumah !!! hee-

Selain itu, tanaman jagung pada bunga betinanya bersifat terbuka. Artinya rambut-rambut pada tongkol jagung mudah diserbuki oleh tanaman jagung lain.

Dengan pola bunga seperti ini, tanaman jagung mudah untuk dikawinsilangkan oleh para pemulia tanaman.

Bersambung,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: