BERAMAL DI PERTANIAN

BERDOA DENGAN AMAL TERBAIK

Hadit Nabi Muhamad SAW

Ada sebuah hadist nabi Muhamad SAW yang bisa mengispirasi kita sebagai seorang muslim, terlebih lagi seorang muslim yang berprofesi sebgai petani. Hadist tsb isinya sbb :

Dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Khaththab berkata, “Saya mendengar Rasulullah shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dulu sebelum kamu, ada tiga orang berjalan-jalan kemudian mereka mendapatkan sebuah gua yang dapat dimanfaatkan untuk berteduh, maka merekapun masuk ke dalamnya. Kemudian tiba-tiba ada batu dari atas bukit yang menggelinding dan menutupi pintu gua itu sehingga mereka tidak dapat keluar.

Salah seorang diantara mereka berkata, ‘Sesungguhnya tidak ada yang dapat menyelamatkan kamu sekalian dari bencana ini kecuali bila kamu sekalian berdo’a kepada Allah ta’ala dengan menyebutkan amal-amal shalih yang pernah kalian perbuat.’

Orang pertama di antara mereka menimpali, ‘Wahai Allah, saya mempunyai ayah ibu yang sudah tua renta, saya biasa mendahulukan memberi minuman susu kepada keduanya sebelum saya memberikannya kepada keluarga dan budak saya. Pada suatu hari saya terlambat pulang dari mencari kayu dan saya menemui keduanya sudah tidur, saya terus memerah susu untuk persediaan minum keduanya.

Karena saya mendapati mereka berdua telah tidur maka saya pun enggan untuk membangunkan mereka. Kemudian saya berjanji tidak akan memberi minum susu itu baik kepada keluarga maupun kepada budak sebelum saya memberi minum kepada ayah bunda.

Saya menunggu ayah bunda, hingga terbit fajar barulah keduanya bangun sementara anak-anakku menangis, mereka mengelilingi kakiku. Setelah mereka bangun, kuberikan minuman susu kepada keduanya.
“Wahai Allah jika saya berbuat seperti itu karena mengharapkan wajahMu, maka geserkanlah batu yang menutupi gua ini.’
Maka bergeserlah sedikit batu itu tetapi mereka belum bisa keluar dari gua tersebut.

Orang ke-2 berkata, ‘Wahai Allah, sesungguhnya saya mempunyai saudara sepupu yang sangat saya cintai.’ Pada riwayat yang lain dikatakan, ‘Saya sangat mencintainya sebagaimana lazimnya orang laki-laki mencintai seorang perempuan, kemudian saya ingin berbuat zina dengannya tetapi ia selalu menolaknya. Selang beberapa tahun ia tertimpa kesulitan kemudian datang kepada saya dan saya berikan kepadanya 120 dinar (sekitar 240 juta), dengan syarat ia harus mau bersebadan dengannya, dan ia pun setuju.

Ketika saya sudah menguasainya, pada riwayat lain dikatakan, kemudian ketika saya berada di antara kedua kakinya dia berkata, ‘Takutlah kamu kepada Allah dan jangan kau robekkan selaput daraku kecuali dengan cara yang benar.’

Kemudian saya meninggalkannya, padahal dia adalah seseorang yang sangat saya cintai dan saya telah merelakan emas (dinar) yang saya berikan kepadanya.
“Wahai Allah, jika saya berbuat seperti itu karena mengaharapkan ridhaMu, geserkanlah batu yang menutup gua ini”. Maka bergeserlah batu itu tetapi mereka belum bisa keluar dari gua itu.

Orang yang ketiga berkata, ‘Wahai Allah, saya mempekerjakan beberapa karyawan dan semuanya saya gaji dengan sempurna kecuali ada seorang yang pergi, meninggalkan saya dan tidak mau mengambil gajinya terlebih dahulu. Kemudian gaji itu saya kembangkan sehingga menjadi banyak.

Selang beberapa lama dia datang kepada saya dan berkata, ‘Wahai hamba Allah, berikanlah gaji saya yang dulu itu.’ Saya berkata, ‘Semua yang kamu lihat itu baik onta, sapi, kambing maupun budak yang menggembalakannya adalah gajimu.’ Ia berkata, ‘Wahai hamba Allah, janganlah engkau mempermainkan saya.’ Saya menjawab, ‘Saya tidak mempermainkan kamu.’ Kemudian diapun mengambil semuanya dengan tidak meninggalkan sisa sedikit pun.

“Wahai Allah jika saya berbuat itu karena mengharap ridhaMu, maka geserkanlah batu itu”.

Lalu batu itupun bergeser dan mereka bisa keluar dari dalam gua(Muttafaq ‘alaih)

Apa makna hadist di atas

Secara umum kalau dirinci ada 3 point:
1. ada 3 insan
2. tertutup goa
3. mereka berdoa dengan amal terbaik yang pernah mereka lakukan.

Pertama, 3 insan. Tiga insan ini hanyalah lambang kita sebagai manusia. Kita sebagai anak manusia yang telah ditakdirkan menjadi seorang muslim. Menjadi seorang Muslim merupakan anugrah yang harus kita syukuri,,,

Kedua, tertutup goa adalah simbol mendapatkan cobaan. Bisa cobaan, bisa musibah, bisa ujian, bisa ketidaksenangan, dll. Di dalam kehidupan ini, selain mendapatkan kesenangan, kita anak manusia (kita sebagai muslim), maka kita akan dihadapkan kepada cobaan/ujian/musibah/dll.

Ketiga, Mereka berdoa dengan amal terbaik yang pernah mereka lakukan. Dan inilah yang patut kita tiru sebagai seorang insan muslim. Apa amal terbaik yang telah kita lakukan? atau apa amal terbaik yang akan kita lakukan???

Mengapa? sebab dengan amal terbaik yang telah kita lakukan, kemudian kita berdoa dengan amal tsb, maka kita mengharapkan segala musibah/cobaan/ujian/dll akan bisa terlewati (tergeser) seperti tergesernya batu di atas.

Amal Terbaik Pertanian

Apakah amal terbaik di dunia pertanian tsb?
Menurut saya : Sangat Banyak !!!

Di sini saya hanya menyebutkan beberapa saja,

Pertama, di kota-kota besar sekarang ini, sangat sulit kita jumpai ada lahan yang ditumbuhi tanaman-tanaman yang rindang. Yang ada kebanyakan adalah lahan-lahan yang ada dibangun untuk kontrakan/toko/rumah/dll.

Maka, bila diantara kita mempunyai lahan yang kosong, misalkan 500 m2, kemudian lahan tsb dibiarkan ditanami (luar biasa kalau diwakafkan) dengan tanaman-tanaman yang rindang. Dari tanaman-tanaman tsb keluar oksigen yang dibutuhkan manusia lain. Manusia yang setiap detiknya mendapatkan “sedekah” dari tanaman-tanaman yang rindang tsb.

Maka bila suatu ketika, misalkan keluarga kita mendapatkan musibah/ujian. Maka dia pun berdoa:

” Ya Allah, saya telah mengikhlaskan lahan tsb ditanami banyak tanaman, supaya oksigennya dapat dini’mati oleh ribuan insan lain. Jikalau saya ikhlas melakukan semua itu, maka geserlah/hilangkanlah musibah yang telah menimpa keluarga saya”.

Kedua, misalkan ada petani A, ketika dia panen padi varietas terbaru, misalkan padi inpari 20/23/HG02/dll, kemudian disisihkan gabah yang terbaik sekitar 30-50 kg. Kemudian ditimbang menjadi 6-10 kantong yang masing-masing berisi 5 kg.

Kantong gabah yang berisi inpari 20/23/GH02/dll yang berjumlah 6-10 kantong tsb, diberikan kepada teman-temannya, dengan harapan teman-temannya mendapatkan varietas terbaik dan terbaru. Agar teman-teman pada musim berikutnya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Maka bila pada suatu ketika, misalkan orang tuanya/anaknya mendapatkan musibah. Maka dia pun berdoa:

” Ya Allah, saya telah mengikhlaskan benih-benih padi terbaik dan terbaru untuk diberikan kepada teman-teman saya, supaya mereka bisa mendapatkan panen dengan hasil maksimal. Jikalau saya ikhlas melakukan semua itu, maka geserlah/hilangkanlah musibah yang telah menimpa orang tua/anak saya”

Ketiga, dll

NB:
Saya secara pribadi, dalam beberapa tahun ini, sudah berulang kali melakukan hal tsb di atas, karena saya hanya bisa menulis di BLOG Gratisan ini, maka saya pun berdoa :

” Ya Allah, saya menulis di BLOG ini karena mengharapkan keberkahanMu, jikalau saya ikhlas melakukan semua ini, maka sembuhkanlah anak saya yang sedang sakit”.

Semoga bermanfaat !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: