MOL BUAH-BUAHAN

Sepulang dari kantor yang bernama BPP, Pak Ahmad langsung menuju rumah. Di tengah jalan yang dilewati banyak sekali penjual mangga. Dengan mengeluarkan 15 ribu, dia dapatkan 2 kg mangga.

Setelah sampai di rumah, dia ganti pakaian. Mangga yang dibelinya diberikan sang istri. Tak lama kemudian, mangga yang dibelinya sudah dikupas oleh istrinya.

Sang istri sudah tahu kebiasaan sang suami, kulit mangga dan bijinya tak dibuang. Kulit mangga tsb diblender. Setelah halus, kemudian dimasukan ember. Biji mangga yang masih terdapat sisa-sisa buah juga dimasukan ke dalam ember tsb.

Karena dirumah ada sisa pepaya yang tersisa, pepaya tsb juga diblendernya. Dan dijadikan satu didalam ember tsb.

Setelah itu, segera pak Ahmad mengambil ember tsb. Dan diletakkan di halaman belakang. Rencananya, dia ingin membuat MOL dari buah-buahan.

Bagaimana caranya???

Setelah di dalam ember terdapat sisa buah-buahan yang diblender. Siapkan pula: 3 liter air cucian beras, 2 liter air kelapa. 1/4 kg gula jawa yang diiris tipis-tipis.

Semua bahan tsb dimasukan kedalam ember. Diaduk sampai rata. Karena dirumahnya terdapat POC M-BIO, maka dimasukan 1 tutup botol M-BIO. Dan diaduk kembali sampai rata. (Bila tak ada POC, juga tidak apa-apa).

Ember yang berisi racikan calon MOL buah-buahan tsb ditutup kembali hingga rapat.

Keesokan harinya, sebelum kerja, dibuka kembali ember tsb. Kemudian diaduk beberapa menit. Fungsinya: mengeluarkan gas dan menurunkan suhu. Selanjutnya, ember tsb ditutup kembali.

Selama 7 hari, kegiatan membuka ember dan mengaduknya, maka MOL sudah jadi. Dan siap diaplikasikan sebagai pupuk.

Biasanya, MOL dari buah-buahan sangat baik bila diberikan pada tanaman (padi) bila sudah memasuki usia generatif. Apalagi bila malai padi sudah keluar. Pengisian bulir padi akan lebih maksimal,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: