INSEKTISIDA SPEKTRUM LUAS

Ada seorang petani yang saya temui memceritakan bahwa karena ingin membunuh wereng coklat, insektisida yang dipakai mempunyai spektrum luas dalam membunuh mahkluk hidup di persawahan. Dia tak cerita apa nama merk insektisida. Yang saya dengar dari mulutnya,” wah banyak yang mati, anak katak juga banyak yang gelimpangan,,,”

Setelah itu, saya jelaskan apa itu musuh alami. Dan setiap hama mempunyai musuh alami, demikian pula untuk hama wereng coklat. Dan petani inipun mulai sadar, apa manfaat musuh alami bagi ekosistem sawahnya. Dan saya ingin, dia bersahabat dengan musuh alami. Bagaimana caranya? biarkanlah anak katak dan katak-katak berkembang sebab katak bisa menjadi predator, biarkanlah laba-laba membuat sarang, biarkanlah capung-capung beterbangan, biarkanlah tanaman air dalam jumlah sedikit hidup di areal persawahan, kasih tahu anak-anak petani jangan membunuh anak katak untuk jadi umpan mancing belut, dll

Untuk membahas masalah insektisida, ada baiknya kita melihat ulasan yang menarik dari Mas Pray dari Gerbang Pertanian mengenai bahaya racun insektisida golongan piretroid,

” Insektisida Golongan piretroid sintetik merupakan bahan sintetik kimia dari racun yang terdapat dalam tanaman piretrum. Sampai saat ini golongan insektisida piretroid sintetik mempunyai jenis terbanyak. Mulai dari Deltametrin (Decis, Dellini), Betasiflutrin (Buldok, Betta), Lamdasihalotrin (Matador, Hamador), Alfasipermetrin (Fastac, Faster), Sipermetrin (Sidametrin, Cedrik) dll.

Dalam pemasaran pestisida piretroid sintetik juga mempunyai market share yang tertinggi. Berarti golongan insektisida ini sangat disukai petani, Kenapa demikian? Piretroid sintetik mempunyai spektrum yang luas mulai dari ulat, kupu, kumbang, kutu, belalang sampai dengan udang (yach udang) sehingga mudah masuk ke berbagai lini tanaman maupun lini hama. Piretroid sintetik juga mempunyai harga yang relatif murah sehingga sangat terjangkau oleh kantong petani. Selain itu yang sangat disukai petani dari piretroid sintetik adalah efek knokdown (jatuhnya hama setelah terkena pestisida) yang sangat cepat .

Selain mempunyai berbagai kelebihan ternyata piretroid sinetik juga mempunyai kelemahan. Racun pada Piretroid sintetik hanya bersifat kontak sehingga jika dalam aplikasi pestisida tidak mengenai hama dipastikan hama tersebut tidak mati. Kelemahan yang kedua dari piretroid sintetik adalah jika racun ini mengenai hama wereng di pertanaman padi akan mengakibatkan ledakan hama wereng tersebut.

Menurut pengalaman penulis dilapangan ketika petani mengendalikan hama wereng di tanaman padinya menggunakan insektisida yang berbahan aktif piretroid sintetik memang sesaat terlihat hama tersebut berkurang. Bahkan imago dari wereng terlihat berjatuhan ketanah. Namun beberapa hari setelah aplikasi insektisida tersebut hama wereng bukannya berkurang justru akan semakin bertambah banyak jumlahnya.

Dimungkinkan peristiwa ini terjadi disebabkan karena piretroid sintetik telah membunuh musuh alami dari wereng, sehingga hama tersebut berpotensi meledak populasinya. Ada juga dugaan bahwa insektisida piretroid sintetik bersifat memacu penetasan telur wereng dan memacu perkawinan wereng. Entah mana yang benar hal tersebut harus dibuktikan secara ilmiah.

Oleh karena itu pesan saya pada rekan-rekan petani janganlah anda menggunakan insektisida berbahan aktif piretroid sintetik kalau dipertanaman padi anda tidak ingin terjadi serangan hama wereng. Lalu pertanyaannya, apakan ciri-ciri insektisida yang berbahan aktif piretroid sintetik? Jawabnya adalah, baca tulisan bahan aktif pada kemasan insektisida yang mau anda beli jika pada akhiran katanya ada kosa kata “TRIN” (Deltametrin, Betasiflutrin, Alfasipermetrin, Lamdasihalotrin, Sipermetrin dll) berarti dijamin insektisida tersebut pasti golongan piretroid sintetik”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: