RACUN ALAMI TIKUS

Sewaktu saya melewati suatu areal persawahan, saya lihat bagian pinggir sawah sekelilingnya keluar malai. Tapi di bagian tengahnya terlihat pendek akibat diserang hama tikus.

Pada kejadian yang lain, saya pernah saksikan bibit padi yang berumur sekitar 8 hari dibuat areal bermain para tikus. Bibit yang dimakan terlihat sedikit, cuma yang rebah terlihat banyak. Dan banyak lagi kejadian yang disebabkan oleh hama tikus ini.

Untuk mengendalikan hama yang satu ini sudah banyak yang dilakukan, mulai dari memasang perangkap, pengasapan, pake racun tikus, dll.

Alhamdulillah di Bantul Jogjakarta, ada petani yang menemukan cara mudah untuk membasmi hama tikus ini. Nama petani ini adalah Pak Hartoyo. Hartoyo mengatakan, temuannya  adalah ramuan pengusir hama tikus dari singkong direbus yang dicampur dengan air kelapa. Jika tikus meminumnya, dia akan kehilangan nafsu makannya dan beberapa hari kemudian tikus akan mati. http://nasional.kompas.com/read/2008/12/07/19050693/Petani.Bantul.Ciptakan.Ramuan.Alami.Pengusir.Hama

Bagaimana Pak Hartoyo menemukan ramuan ini? awalnya percobaan ini dimulai dengan sembilan temannya dari pelatihan yang diberikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bantul. Kemudian, mereka kombinasikan dengan banyak membaca buku-buku yang terkait. Alat-alat dan ramuan yang ditemukan berlaku untuk pengendalian hama untuk jenis apapun.

Dengan resep yang sederhana ini, kita pun dapat mencobanya. Dan semoga tikus-tikus yang menyerang tanaman padi dan tikus-tikus yang ada di rumah kita dapat kita kendalikan. Saya pribadi sudah mencobanya, ingin saya lihat tikus-tikus yang ada di dalam rumah dalam 1 pekan ini. Kalau berkurang maka racun tikus ini saya mudah dibuat dan ramah lingkungan.

Terima kasih Pak Hartoyo, semoga penemuan-penemuan yang bernilai kebaikkan akan dibalas dengan pahala yang banyak. Amin

Catatan : menurut saya, kalau bisa singkong karet, singkongnya nga perlu dikupas, ambil bagian ujung (bawah atau atas) yang agak berwarna kebiruan.

4 Tanggapan

  1. sawah saya yerkena hama tikus luas 4000m2. Berapa kg singkong dan brp liter air kelapanya? Tks

  2. Utuk sawah luas 4000m2 membutuhkan brp kg singkong? dan brp liter air kelapa?

  3. Kalau dulu saya pakai singkong mentah di iris2 ditaruh pada batang yang kena serangan 5hari berturut2 hari ke6 irisan singkong ditengah iris lagi di kasih obat tikus ditaruh seperti biasa esok panen tikus mati

  4. Hturnuhun info’na …

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

